hosting murah

Hi #MWNers!

Baru-baru ini dunia peremailan sedang ramai diperbincangkan oleh seluruh warga +62 maupun dunia terkait email down. Banyak pengguna layanan email gratis ini yang komplain di berbagai media sosial soal kenapa bisa down? Dan parahnya lagi penyedia email gratis tersebut menginformasikan bahwa sampai saat ini masih belum tahu apa penyebabnya kenapa bisa down.

Jika kamu salah satu pengguna layanan ini, apa yang kamu rasakan #MWNers? Apalagi jika layanan gratis ini tersebut kamu gunakan untuk keperluan bisnis kamu. Berapa kerugian yang akan kamu terima? Pastinya hal ini akan membuat kegiatan bisnis kamu tidak berjalan dengan lancar bukan?

Nah sebelum ke pembahasan selanjutnya, admin mau menjelaskan terlebih dahulu tentang seberapa pentingnya sih mempunyai dan menggunakan email, simak baik-baik ya. 

Apa itu Email?

Sering disebut sebagai surat elektronik merupakan sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan secara digital melalui jaringan komputer atau internet.  Pesan digital tersebut bisa dibuat atau dikirim dengan menggunakan smartphone atau komputer kamu yang sudah terhubung jaringan internet.

Jika dulu berkirim pesan atau surat saja masih menggunakan kertas dan tinta dan untuk pengirimannya masih membutuhkan waktu berhari-hari. kini  dengan adanya email, pengiriman surat-menyurat lebih mudah dan cepat hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja langsung otomatis terkirim. Sehingga bisa dikatakan penggunaan email dalam bisnis memang sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu cara yang paling efisien, cepat dan murah. 

Mengapa Keberadaanya Sangat Penting?

Karena dengan adanya email, sebuah bisnis tidak hanya bisa berkomunikasi dengan para pelanggannya saja, melainkan bisa juga untuk membuat akun pada saluran pemasaran digitalnya. Saluran pemasaran digital ini banyak jenisnya seperti beriklan di sosial media, Optimasi SEO, iklan di forum atau marketplace. Nah semua itu membutuhkan alamat email untuk melakukan pendaftaran.

Memang tidak semua saluran pemasaran digital tersebut memerlukannya untuk pendaftaran, namun kamu akan lebih leluasa dalam mengatur akun bisnis kamu kedepannya seperti ganti password, mengirimkan notifikasi, mangatur newsletter dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Email

Email terbagi menjadi 2 jenis yaitu email gratis dan email profesional. Email gratis merupakan email yang alamat emailnya masih menginduk pada layanan email gratisan sedangkan email profesional merupakan sebuah email yang alamat emailnya sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan atau menggunakan alamat email dengan nama domain sendiri.

Dengan menggunakan email profesional, kamu akan lebih dikenal oleh perusahaan lain karena menggunakan nama domain di belakang emailnya. Karena orang lain akan lebih percaya dengan perusahaan kamu ketika kamu menggunakan alamat email yang sama dengan nama situs kamu. Selain itu juga dapat membawa citra yang baik bagi bisnis dan brand kamu.

Alasan Kenapa Untuk Tidak Menggunakan Email Gratisan

Sekarang #MWNers berada pada inti dari pembahasan kali ini yaitu alasan kenapa sih sebuah bisnis untuk tidak menggunakan email gratisan? Apa yang membuat hal ini dijadikan bagian yang penting untuk kamu ketahui?

Sebenarnya tidak menjadi sebuah keharusan sebuah bisnis menggunakan alamat email dengan nama domain sendiri, namun jika ingin mendapatkan citra yang baik untuk perusahaan atau brand kamu, maka kamu harus menggunakan email profesional dan jangan menggunakan email gratisan. Lalu apa saja alasannya? Simak baik – baik ya:

1. Tidak Bisa digunakan untuk Keperluan Bisnis

Sebenarnya untuk keperluan bisnis bisa saja menggunakan email gratisan, hanya saja dengan email gratisan banyak sekali kekurangannya #MWNers. Salah satunya jika kamu membuat alamat email yang hampir sama atau mirip maka bisa-bisa akan dianggap tindakan yang mengarah ke spamming. Kalau menggunakan alamat email dengan nama domain sendiri, kamu dengan mudah bisa memisahkan mana email untuk bagian marketing, mana email untuk bagian Sales, mana email untuk bagian Customer Services dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini akan sangat disayangkan sekali jika untuk keperluan bisnis kamu gunakan email gratisan yang tidak bisa membagi atau memisahkan email sesuai dengan kategori yang diinginkan.

2. Kontrol Email yang Sulit

Bisnis itu penuh dengan dinamika. Salah satunya adalah keluar masuknya karyawan atau tim. Pada beberapa bisnis atau perusahaan, setiap karyawan harus mempunyai email. Jika kamu menggunakan alamat email menggunakan nama domain sendiri, kamu bisa dengan mudahnya membuat email untuk karyawan baru ataupun untuk menghapus alamat email dari karyawan yang keluar.

Coba kamu bayangkan bagaimana repotnya jika kamu menggunakan email gratisan untuk setiap karyawan yang masuk dan keluar di bisnis atau perusahaan kamu? Pastinya kamu akan merasa kesulitan untuk membaginya.

3. Terbatasnya Fasilitas Backup Email

Sebenarnya email gratisan ada fitur yang digunakan untuk backup email, namun hanya bisa melakukan backup email untuk satu akun email saja sehingga sangat terbatas pada jumlah akun email yang bisa di backup maupun di restore. Beda apabila kamu menggunakan email profesional atau menggunakan email domain sendiri, dimana kamu bisa melakukan backup untuk keseluruhan email yang ada dan merestorenya secara bersamaan jika terjadi kesalahan.

Kalau ada tim di bisnis kamu dengan jumlah puluhan bahkan sampai ratusan, bagaimana kamu akan melakukan backup dan restore jika masih menggunakan email gratisan?

4. Privasi Kurang aman dan Terlalu Banyak Iklan Spam

Pernah melihat banyak iklan ketika kamu mengakses mail yang ada pada layanan email gratis? Dan ketika kamu melihat tampilan dashboard email dari teman kamu ternyata iklannya berbeda dengan yang ada di dashboard kamu.

Kenapa itu bisa terjadi? Karena pihak penyedia email gratis tersebut tahu tentang isi dan email-email kamu. Biarpun dari segi keamanan sangat terjamin tetapi dari segi privasi, email gratisan belum tentu aman. Karena kamu masih bisa melihat iklan di dalam email kamu.

5. Tidak Bisa untuk Branding

Sebuah nama domain sangat berperan penting dalam tumbuh kembang suatu bisnis. Hal ini berlaku juga untuk email domain. Ketika kamu menggunakan alamat email menggunakan nama domain sendiri, seseorang di luar sana sudah pasti mengenali siapa kamu dan apa bisnis kamu.

Tanpa perlu kamu menjelaskan detail tentang bisnis kamu, dengan alamat email domain sendiri orang sudah mudah mengenalinya.

Coba kamu bandingkan dengan email gratisan, kira-kira persepsi yang muncul setelah membaca alamat email gratisan tersebut? Apakah sama dengan email profesional yang sudah admin jelaskan diatas?

6. Suka Dianggap Spam

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah alamat email ditandai sebagai spam atau masuk ke folder spam. Dengan menggunakan alamat email domain sendiri, tentunya resiko ditandai sebagai spam teramat kecil. Berbeda jika kamu menggunakan email gratisan, ketika kamu mengirimkan email massal atau broadcast email maka otomatis akan langsung masuk ke spam.

Hal ini juga disebabkan karena salah satu penyedia email gratis tidak lagi mengizinkan emailnya digunakan sebagai email sender untuk broadcast email. Kalau kamu sampai melanggar, bisa-bisa akun email gratisan kamu terkena suspend.

7. Kendala Down

Nah ini yang sekarang terjadi dan sedang diperbincangkan oleh banyak orang. Ketika server inti down atau mati maka fasilitas didalamnya juga otomatis akan mengalami down, salah satu diantaranya adalah fasilitas email.

Apalagi jika hal ini terjadi selama seharian bahkan bisa berhari-hari? Berapa banyak kerugian yang akan kamu terima? Berapa banyak email penawaran kerjasama dari perusahaan lain yang penting dikirim ke kamu mental gara-gara server down? Berapa banyak waktu yang terbuang ketika seharusnya kamu kirim email penting detik ini, tapi terpending karena server down?

Apa yang bisa kamu perbuat kalau sudah seperti ini #MWNers? Akhirnya ngomel-ngomel sendiri bukan!

Namun hal ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan web host dengan kualitas yang sudah terjamin. Dengan memilih web hosting murah terpercaya, dalam penggunaan alamat email domain sendiri akan lebih mudah, cepat dan bisa meminimalisir kendala down.

Untuk membuat email profesional dengan domain sendiri, kamu bisa menggunakan layanan dari Masterweb.com. MasterWeb merupakan perusahaan jasa atau layanan penjualan domain dan hosting email bisnis yang cocok untuk perusahaan kamu.

Dengan hosting murah dari Masterweb.com, kamu sudah tidak perlu repot-repot memikirkan server yang down, tidak perlu ribet melakukan setting email yang membingungkan, dan yang paling penting dengan MasterWeb kamu bisa dengan sangat mudah mengakses email dari mana saja, kapan saja dan dari perangkat apa saja.

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak