Pengumuman: Kini Masterweb akan beroperasi di bawah Exabytes. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

cara mudah identifikasi email phising

Hi #MWNers!

Sepanjang hari, kamu pasti bebas untuk berselancar di dunia digital yang disebut dengan internet, tidak menutup kemungkinan kamu akan bertemu juga dengan yang namanya penjahat dunia maya. Kenapa bisa disebut dengan penjahat dunia maya? Yap, sebutan tersebut dialamatkan kepada seseorang yang melakukan kejahatan yang berbahaya bagi kamu atau terhadap komputer yang saat ini kamu gunakan.

Masterweb selalu melakukan yang terbaik untuk menjaga kotak masuk email kamu dari orang jahat tersebut mulai dari adanya mekanisme anti-spam khusus untuk memblokir orang jahat dunia maya ini. Tetapi meskipun begitu, ada saja email-email yang berpotensi berbahaya dapat menyelinap masuk melalui filter email tersebut dengan konten yang sangat standar dan umum dalam komunikasi bisnis.

Sambil membantu kamu dalam mengembangkan bisnis online, Masterweb tidak lelah untuk memberitahukan kepada #MWNers semua tentang cara aman dalam berbisnis online. Nah dalam kesempatan yang baik ini, Masterweb sudah mencoba nih mengidentifikasi email penipuan yang sering dikirimkan ke kamu. Penasaran bagaimana cara jitu Masterweb dalam mengindentifikasi email penipuan tersebut? Simak baik-baik penjelasan dibawah ini ya #MWNers :

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

A. Penipuan dalam bentuk Lampiran

Menurut sebuah penelitian yang ada, sebuah email yang berisi lampiran ternyata memberikan ketertarikan si penerima email untuk membuka lampiran tersebut.

Ketika si penerima email menerima email (dari pengirim yang tidak dikenal) yang berisi lampiran seperti dokumen, PDF, dll kemudian si penerima email membuka isi lampiran email tersebut, secara tidak sadar kamu sudah mengunduh malware yang ada pada lampiran email tersebut.

Berikut adalah contoh Bagaimana penipuan dalam bentuk lampiran akan terlihat :

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

Saran agar tetap aman:

  1. Pastikan lampiran email tersebut kamu dapati dari si pengirim email yang kamu kenal, hubungi si pengirim email jika perlu untuk memastikan.
  2. Scan atau pindai terlebih dahulu dengan anti virus terupdate apabila kamu ingin membuka lampiran email tersebut.

 

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

B. Penipuan Bitcoin

Orang jahat atau biasa kita sebut dengan Scammers akan menggunakan berbagai cara dan teknik untuk mengirim email kepada kamu. Mereka bahkan bisa saja menutup alamat email mereka agar kamu tidak bisa melacak kembali ke alamat email mereka #MWNers. Sebagian besar konten email mereka mengandung unsur pemerasan dimana mereka menyimpan informasi penting kamu dan akan meminta tebusan agar kamu mendapatkan kembali informasi kamu tersebut.

Bitcoin adalah mata uang kripto yang tidak mencatat informasi pengirim dan penerima, membuat transaksi sepenuhnya anonim. Ini adalah salah satu alasan kenapa scammers memilih cara ini sebagai media untuk tebusan mereka. Singkatnya, orang jahat tersebut mengancam kamu dengan imbalan bitcoin menggunakan isi email berupa peringatan.

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

Saran agar tetap aman:

  1. Selalu waspada ketika kamu melihat email semacam ini dan pastikan #MWNers tidak jatuh ke perangkap ya.
  2. Pastikan kamu menjelajah internet di jaringan yang aman.

 

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

C. Checksum Scams

Scammers mencoba mengirimkan email yang meminta konfirmasi kamu tentang pendaftaran tertentu, verifikasi login, atau peringatan palsu sistem seperti kotak surat penuh. Jenis email ini semakin pintar, mereka akan membuat konten mereka agar terlihat seperti perusahaan asli yang mengirimi kamu email. Itu merupakan salah satu umpan korban untuk mengklik pada tautan untuk mengunduh malware atau kunci tertentu dalam detail mereka, dan merencanakan serangan kedua mereka. Kami menangkap satu email penipuan yang menyamar sebagai verifikasi keanggotaan cPanel pada bulan Desember 2018.

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

 

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

D. Penipuan Domain

Ketika Kamu mendaftarkan atau registrasi domain baru, informasi pribadi kamu akan diterbitkan ke direktori WHOIS, yang tersedia untuk siapa saja. Scammers akan mengumpulkan detail data ini dan mencoba menipu pemilik domain dengan konten seperti tanggal kedaluwarsa domain atau pengiriman SEO yang mengharuskan kamu untuk melakukan pembayaran tambahan. Berikut contoh emailnya:

Saran agar tetap aman:

  1. Dapatkan perlindungan dengan Perlindungan Privasi Domain
  2. Periksa dengan pendaftar domain kamu untuk memastikan kebenaran email tersebut, jangan pernah mengklik tautan itu.

 

Cara Mudah Mengidentifikasi Email Penipuan/Email Phising

E. Penipuan dalam bentuk pembayaran elektronik

Ketika akun email kamu terganggu, scammers tidak hanya mengakses kotak surat kamu untuk membaca semua email kamu saat ini, mereka juga akan membuat aturan penerusan / pemfilteran untuk memantau komunikasi email kamu dengan klien kamu secara diam-diam.

Mereka menunggu dengan sabar sampai saat kamu mendiskusikan detail pembayaran dengan klienmu, dan saat itulah mereka terjun ke pertukaran email (berpura-pura sebagai kamu) dan menawarkan detail rekening bank penipuan kepada klien kamu. Kasus penipuan terjadi ketika klien menyetor pembayaran ke rekening bank scammer. Karena klien kamu tidak tahu akun aslimu, mereka mungkin melanjutkan pembayaran tanpa tindakan pencegahan apa pun. Berikut adalah salah satu contoh kasusnya:

 

Saran agar tetap aman:

  1. Jangan mengakses akun email kamu menggunakan jaringan / perangkat yang tidak aman
  2. Ubah login email kamu secara teratur dengan kata sandi yang kuat
  3. Akses panel kontrol dan periksa apakah ada aturan penerusan / penyaringan yang tidak diketahui
  4. Hubungi klien kamu secara langsung untuk mengklarifikasi pembayaran

Bagaimana #MWNers cukup mudah cara mengidentifikasi email penipuan/email phising? Contoh di atas hanyalah salah satu jenis contoh email phishing, Kamu dapat mencari informasi lebih banyak lagi terkait jenis penipuan phishing lainnya di luar sana.

Oya, kalau kamu memiliki keraguan tentang email mencurigakan yang dikirim oleh Masterweb, jangan sungkan untuk langsung mengklarifikasi dengan tim kami. Silahkan email kami di support@masterweb.com dengan mencantumkan header email secara lengkap ya. Dengan cara inilah, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap terkait email phising tersebut. Header email yang kamu kirimkan nantinya dapat membantu kami untuk dapat lebih memahami email yang kamu terima.

Kantor Kami:

Cyber 2 Tower Lantai 29

JL. HR Rasuna Said X5 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 80625578

Ticket System & Live Chat




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Blog  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  Cara Pembayaran  |  Download Logo |  Kontak