Cara Memperoleh Backlink Berkualitas_

Hi #MWNers!

Sebuah website yang sudah terstruktur dengan baik alangkah lebih baik lagi jika bisa memberikan sebuah content yang berkualitas. Si pemilik website harus memiliki berbagai cara jitu agar situs websitenya dapat bekerja lebih optimal dari segi pemasarannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk meningkatkan kualitas website di hasil pencarian Google secara organik, salah satu caranya adalah dengan membangun backlink.


Cara mendapatkan backlink tentunya menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Karena untuk mendapatkan backlink berkualitas tidak semudah yang dibayangkan. Perlu taktik khusus agar tautan atau link yang kita sematkan pada website benar-benar memiliki nilai kredibilitas yang tinggi, sebab tautan atau link yang kita sematkan tersebut menjadi bagian utama yang menentukan seberapa terpercayanya situs website kamu di mata Google.

Backlink Berkualitas, Bagaimana Cara Memperolehnya?

Tahukah kamu #MWNers, backlink yang kita bicarakan kali ini adalah salah satu yang menjadi faktor pendukung suksesnya SEO (Search Engine Optimization) sebuah situs web. Hal ini juga sangat berdampak pada kualitas dari situs website itu sendiri di mesin pencari Google. Jadi tidak menutup kemungkinan dengan adanya backlink tersebut dapat meningkatkan posisi SEO sebuah situs web. Sehingga hal ini nantinya akan memberikan dampak yang baik pada kesuksesan bisnis online kamu.

Namun tidak semua backlink bisa berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Ada yang bisa membantu website kamu berada di posisi pertama pencarian Google, ada juga yang memiliki sifat merusak. Oleh karena itu, MasterWeb akan menjelaskan lebih lengkap tentang bagaimana sih cara memperoleh backlink dengan menggunakan konten yang berkualitas, agar Google dapat melihat bahwa website kamu patut berada di halaman pertama dalam pencarian Google. Simak baik-baik ya #MWNers!

Cari Dari Sumber Yang Terpercaya

Backlink dianggap sebagai backlink yang berkualitas jika berasal dari sumber – sumber yang memang memiliki kredibilitas dan sudah dipercaya di dalam pencarian Google. Sehingga jika kamu menemukan backlink yang berasal dari situs website yang mungkin dianggap spam atau memiliki citra buruk seperti berisi konten yang tidak baik maka hal tersebut tidak bisa menjadikan situs website berada di posisi utama atau bahkan tidak akan muncul di pencarian Google.

Ketika ingin mencari backlink terbaik, MasterWeb sarankan agar mencari situs website yang memang sudah memiliki reputasi bagus dan pilih situs website yang sudah populer.

Membuat Konten Sebanyak – Banyaknya

Cara jitu untuk mendapatkan backlink berkualitas salah satunya adalah dengan membuat atau menulis konten sebanyak-banyaknya. Entah itu menulis konten untuk website milik kamu sendiri atau milik orang lain. Dengan menyumbangkan isi konten kamu ke website milik orang lain, sebagai timbal baliknya kamu akan memperoleh keuntungan yaitu sebuah backlink yang juga mengarah ke website kamu. Dan situs milik orang lain pun yang kita titipkan backlink akan mendapatkan imbalan yang sama-sama menguntungkan.

Memperbaiki Tautan Yang Rusak

Jika kamu seorang pengembang website, tentunya pernah melakukan perubahan terhadap isi website bukan? Entah itu hanya sekedar mengubah isi konten atau bahkan sampai memindahkan isi konten. Ternyata hal tersebut bisa berpengaruh terhadap backlink yang berada pada isi konten tersebut lho #MWNers. Kenapa?Karena ketika kamu mengubah atau memindahkan sebuah konten, tautan lama akan rusak dan tidak bisa diakses kembali.

Sehingga ketika pengunjung website kamu singgah dan mengklik konten yang tadi sudah kamu rubah, otomatis sistem akan menampilkan halaman error (440 error pages) yang mengindikasikan bahwa halaman website tersebut sudah tidak ada. Hal ini bisa saja akan membuat pengunjung kesal dan langsung menutup website kamu. 

Nah agar tidak terjadi hal demikian, kamu bisa memanfaatkan tautan rusak tersebut. Caranya adalah dengan membuat link redirect dimana konten lama kamu yang sudah tidak aktif bisa diarahkan ke konten kamu yang terbaru. Sehingga pengunjung tetap bisa mengakses tautan lama kamu karena tautan lama sudah kamu arahkan ke tautan terbaru.

Cek Keterkaitan Satu Sama Lain

Salah satu cara paling ampuh untuk menentukan backlink berkualitas atau tidak adalah dari keterkaitannya suatu tautan itu sendiri. Maksudnya adalah setiap tautan yang kita sematkan di konten website memiliki keterkaitan dengan target link tersebut disematkan. Contoh mudahnya seperti ini, kamu menyematkan sebuah tautan di konten website dengan judul topik yang sama. Misalnya sebuah judul topik tentang layanan hosting, di dalam isi kontennya disematkan tautan ke situs website lain dengan topik yang sama.

Dengan kata lain, setiap backlink yang mempunyai keterkaitan satu sama lain akan lebih banyak mendapatkan klik karena pengunjung yang membacanya adalah orang yang memiliki ketertarikan terhadap topik tersebut.

Memantau Sumber Backlink Kompetitor

Poin terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh backlink berkualitas adalah dengan cara memantau sumber backlink para kompetitor atau pesaing jualan kamu yang sama-sama menjual dan memasarkan produk dengan jenis yang sama. 

Caranya cukup mudah #MWNers, kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci yang kamu inginkan di kolom pencarian Google, biasanya dihalaman pertama Google akan muncul review dari website lain yang menyematkan tautan mengarah ke salah satu kompetitor kamu. Bisa jadi salah satu pesaing kamu tersebut sudah lebih dulu merekrut si pemilik website tersebut untuk menyematkan backlink yang diarahkan ke situs mereka. Kalau kompetitor saja bisa, kenapa kamu tidak #MWNers! Coba kamu lakukan hal yang sama.

Sekian informasi tentang ke-5 tips bagaimana memperoleh backlink yang berkualitas. Semoga dengan informasi yang MasterWeb dapat memberikan gambaran kepada #MWNers dan dapat kamu jadikan sebagai salah satu referensi kamu untuk bisa mendapatkan backlink yang valid dan berkualitas.

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak