CABLES

Kejadian padam listrik massal yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019 kemarin membuat sebagian besar kegiatan di jabodetabek terganggu. Bagaimana tidak, listrik yang merupakan kebutuhan utama dalam menjalankan aktifitas padam dikarenakan gangguan saluran udara tegangan extra tinggi (SUTET) kV Ungaran-Pemalang.

Tidak sedikit yang melupakan 9 hal penting ini pada saat menghadapi mati listrik berkepanjangan. Padahal 9 hal ini tidak boleh diabaikan loh, karena bisa memicu bahaya lanjutan. Yuk, simak listnya!

1. Cabut semua kabel yang terpasang pada terminal listrik ketika aliran padam

Ketika listrik padam, hal pertama yang perlu dilakukan dengan segera adalah mencabut semua kabel yang masih dalam posisi tercolok pada terminal listrik. Hal ini diperlukan untuk mengurangi potensi terjadinya koslet atau hubungan arus pendek pada saat listrik kembali menyala.

2. Matikan alat elektronik yang sedang digunakan pada saat listrik padam

Lakukan switch off atau matikan alat elektronik yang sedang kamu gunakan sesaat ketika listrik padam. Sebagai contoh matikan televise, kipas angin dan AC pada saat listrik padam. Cara ini juga dilakaukan untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek saat listrik menyala kembali.

3. Pastikan satu lampu dalam posisi menyala

Setelah semua alat elektronik dimatikan, biarkan satu stop kontak lampu tetap dalam kondisi menyala hal itu dilakukan sebagai pertanda apabila listrik sudah nyala kembali. Cara ini sangat membantu jika mati listrik terjadi pada malam hari, nyala lampu bisa sebagai pertanda listrik sudah kembali normal.

4. Minimalisir penggunaan lilin atau cahaya dari api jika mati listrik terjadi pada malam hari

Sebisa mungkin kurangi penggunaan lilin atau cahaya dari api sebagai sumber penerangan pada saat listrik padam. Hal itu dikarenakan potensi bahaya yang dihasilkan lebih besar. Tidak sedikit kebakaran pada saat listrik padam disebabkan oleh penggunaan lilin. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan emergency lamp atau senter sebagai sumber penerangan yang lebih aman. Namun tetap digunakan seperlunya dan letakan di tempat yang dapat dijangkau pada saat malam hari.

5. Kurangi kegiatan berkendara di jalan raya atau protocol

Padamnya listrik juga berdampak pada kelancaran lalu lintas. Lampu lalu lintas hingga palang otomatis pintu kereta tidak dapat beroperasi untuk sementara waktu. Sehingga dapat menyebabkan lalu lintas sedikit kacau dan terganggu. Mengurangi kegiatan berkendara bisa dijadikan solusi apalagi jika mati listik terjadi pada malam hari sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan minimnya penerangan.

6. Biarkan kulkas dalam kondisi tertutup rapat

Mungkin sebelumnya kamu sudah memiliki kebiasaan membuka pintu kulkas pada saat listrik padam. Hal tersebut dilakukan dikarenakan takut makanan yang ada didalamnya menjadi bau atau busuk. Namun perlu diperhatikan bahwa pada saat listrik padam sebaiknya biarkan pintu kulkas tertutup rapat. Hal itu dikarenakan suhu dingin pada kulkas dapat bertahan 3-4 jam. Sehingga dianggap cukup untuk menjaga kondisi makanan didalamnya.

7. Jika mati listik lebih dari 4 jam, keluarkan bahan makanan yang mudah busuk dari kulkas

Namun pengeluaran bahan makanan yang mudah busuk dapat kamu lakukan apabila padamnya listrik sudah lebih dari 4 jam. Makanan ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi seperti daging, susu murni dan yoghurt. Hal itu karena bakteri yang tumbuh akibat perubahan suhu tidak bisa seketika hilang lewat proses pemasakan.

8. Nyalakan lilin/api di ruang terbuka untuk menghindari kebakaran

Kamu dapat menyalakan lilin atau api sebagai sumber penerangan di ruang terbuka pada saat listrik padam. Hal ini disarankan dikarenakan tempat terbuka memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dapat meminimalisir potensi kebakaran.

9. Ketika listrik menyala kembali, nyalakan alat elektronik satu per satu

Hal terakhir yang perlu diingat adalah pada saat listrik nyala kembali jangan nyalakan alat elektonik secaa bersamaan. Namun lakukan satu per satu untuk menghindari arus listrik yang mengalir terlalu besar di satu waktu. Nyalakan alat elektronik dari yang paling penting dahulu. Hal ini cukup efektif untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek.

Nah setelah melihat 9 hal diatas tadi, bagaimana apakah kamu masih melakukan hal-hal yang membahayakan pada saat listrik padam?

Meskipun listrik padam, tapi Masterweb jamin Hostingmu tetap aman dan tetap bisa diakses loh, yuk cek Hostingmu sekarang

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak